Selasa, 24 Maret 2009

Tips Persiapan Pernikahan

Pernikahan adalah sebuah momen yang istimewa yang pasti tidak akan disepelekan begitu saja untuk mewujudkannya. Perlu persiapan yang sangat matang supaya semua proses acara berjalan lancer dari awal sampai akhir. Untuk dapat terkoordinasikannya seluruh rangkaian upacara pernikahan, membutuhkan waktu 8-10 bulan untuk persiapannya. Jika tidak mau repot, sebuah wedding organizer bisa menjadi pilihan untuk mengurusi seluruh rangkain upacara pernikahan.
Beberapa persiapan pokok yang harus dipikirkan dalam perencanaan sebuah upacara pernikahan meliputi:
1. Tentukan tanggal pernikahan yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Semua hari adalah baik, jadi jangan ragu untuk menentukan tanggal yang pas, fokuskan pada waktu dimana tamu-tamu bisa hadir dengan leluasa. Misal jangan mengadakan pesta saat hari kerja, atau hari libur nasional yang menuntut kesibukan tinggi.
2. Tentukan budget yang sesuai dengan kemampuan. Biasanya alokasikan 40% untuk catering dan yang 60% untuk kebutuhan lain seperti: gedung, kostum, rias, mobil, dekorasi,foto, undangan, souvenir, dan sebagainya.
3. Pilih lokasi pernikahan yang mudah diakses oleh semua undangan. Jika undangan cukup banyak cari lokasi yang memiliki area parker yang luas. Setelah menentukan lokasi segera bayarkan booking fee-nya supaya mendapat kepastian tempat di waktu yang telah ditentukan.
4. Pastikan undanga telah selesai dibagi 14hari sebelum waktu pesta. Ini juga supaya para undangan bisa menyiapkan iri mengatur jadwal kedatangannya jika mereka kebetulan mempunyai kesibukan di waktu yang sama. Cantumkan denah lokasi pesta untuk memudahkan para tamu menghadiri acara.
5. Pastikan semua persiapan beres 7 hari menjelang acara, termasuk fitting kostum dan sebagainya. Ini untuk memberi kelonggaran bagi calon pengantin untuk mempersiapkan diri di hari pernikahannya.
6. Makan buah, minum air putih, olah raga dan beristirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kebugaran calon pengantin di hari H.



(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar