Selasa, 24 Maret 2009

Tips Perawatan Tubuh Pra-Nikah

Tips Perawatan Tubuh Pra-Nikah

(dari RajaRaja.com)
Sesuai dengan kodratnya, seorang wanita selalu ingin tampil cantik di segala suasana, terlebih di hari pernikahannya, hari yang sangat istimewa dan bersejarah dalam hidupnya. Dalam rangkaian proses upacara perkawinan, pengantin akan menjadi pusat perhatian, karena itulah sangat perlu untuk dapat memaksimalkan pnampilan pada hari yang istimewa itu.Untuk dapat tampil maksimal, fit, dan segar, sang calon pengantin harus melakukan beberapa langkah perawatan tubuh yang baiknya dilakukan 1 bulan sebelum hari H, dengan begitu sang calon pengantin putri dapat memancarkan kharisma/ kecantikannya secara maksimal.. Perawatan dilakukan baik dari dalam maupun dari luar.Macam-macam perawatan yang harus dilakukan antara lain:
Perawatan dari luar:
- Luluran seminggu sekaliLulur adalah suatu tradisi yang tak dapat dilupakan bagi setiap calon pengantin putri, karena dengan mandi lulur tubuh akan menyebarkan bau harum. Lulur juga akan menjadikan kulit tubuh halus dan kuning bercahaya, mencegah kekeringan serta mencegah bau badan.Sebelum menggunakan lulur, baiknya pergunakanlah minyak zaitun keseluruh tubuh terlebih dahulu, kemudian di massage (diurut ). Mangir Pembersih yang mengandung akar wangi, klabet, cendana, dan buah pinang juga bisa digunakan sebagai pengganti lulur dan minyak zaitun. Cara ini memang lebih praktis. Mangir ini berkhasiat memacu peredaran darah pada kulit serta menghilangkan bau badan,
- Mandi rempah setiap hari atau sesering mungkin hingga aroma tubuh menjadi harumSetelah dilulur kemudian dilanjutkan dengan mandi berendam dalam air Rempah Mandi. Rempah ini terdiri dari daun tanaman sirih, rimpang kunyit dan kayu cendana. Dengan mandi rebusan rempah yang hangat kuku tubuh akan menjadi harum dan bebas dari bau badan. Kemudian gunakanlah Sabun Lulur /Sabun Mangir, yang bermanfaat menguningkan , menghilangkan bau badan, membersihkan dan melembutkan kulit. Setelah mandi gunakanlah body lotion oleskan keseluruh tubuh, kaki dan tangan. - Perawatan wajah minimal 2x dilakukan yaitu di minggu ke-1 dan ke-3Untuk perawatan wajah, dapat lakukan dengan membersihkan wajah setiap hari minimal 2 kali pagi dan malam sebelum tidur dengan memakai susu pembersih dan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit .
- Creambath perawatannya 2x pada minggu pertama dan ketigaKeramas selain membersihkan rambut karena kotoran yang melekat juga mencegah ketombe. Gunakan cem-ceman, sambil dirut-urut ke akar rambut, lalu diamkan 1 -2 jam, sehingga meresap ke akar rambut. Berfungsi untuk merawat rambut.menghitamkan rambut dan menyuburkan rambut. Kemudian bilas dengan air hangat. Lalu gunakan shampo sesuai dengan jenis rambut lanjutkan dengan memakai conditioner lalu bilas dan lanjutkan memakai tonik penguat rambut. Seminggu sekali kemudian memakai krem perawatan rambut, oleskan pada seluruh kulit kepala, pijat sebentar lalu ratakan, dan tutuplah dengan handuk panas (yang telah dicelupkan ke air panas). Kemudian bilas hingga bersih dan beri tonik kembali.
- Perawatan dari dalam
Untuk perawatan dari dalam minumlah Jamu yg dibuat khusus untuk perawatan tersebut sehari 3 kali, bermanfaat menyegarkan tubuh, menghilangkan bau badan dan membuat wajah berseri-seri. Problem peka yang sering terjadi pada perempuan umumnya keputihan, minumlah kaplet anti keputihan untuk menghilangkan sekresi lendir yang berlebihan dan menghilangkan gatal-gatal. Minumlah 2 kali sehari @ 2 kaplet. Kadang nafaspun menjadi tak segar akibat dari lambung, kumur-kumurlah dengan mouthwash, agar nafas senantiasa segar sepanjang hari.
Satu hari sebelum hari H. lakukan Upacara mandi Bidadari atau biasa disebut mandi siraman dilakukan sebelum malam perkawinan. Ada beberapa adat yang melakukan seperti waktunya biasanya jam 11 siang dengan air kembang setaman (mawar, melati dan kenanga), dilakukan oleh kedua orang tua pengantin putri dan keluarganya sebanyak 13-15 kali (bilangan ganjil), dengan cara mengguyur kan ketubuh pengantin putri secara bergantian. Tujuannya agar paras sang pengantin putri seperti bulan purnama. Rambutnya di ratus dengan ratus wangi, agar rambut harum semerbak. Begitu juga pengantin pria dengan cara yang sama hanya dilakukan terpisah, ditempat pengantin pria..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar